Aplikasi Komputer: SUPERKOMPUTER


PENGERTIAN UMUM SUPER KOMPUTER
Superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan perhitungannya. Superkomputer adalah komputer dengan kemampuan luar biasa karena didukung ribuan prosesor dengan kemampuan proses perhitungan hingga menembus batas petaflops. Superkomputer memerlukan biaya sangat mahal, mencapai 8-10 digit dolars AS. Hal ini di karenakan super komputer di gunakan untuk hal yang rumit. Dikarenakan superkomputer memiliki kecepatan perhitungan yang jauh lebih unggul.

ASAL MULA SUPERKOMPUTER
Apa yang dijadikan contoh pertama yang sebenarnya dari sebuah komputer masih menjadi perdebatan: beberapa menyebutkan mesin Abacus, lainnya Antikythera, dan bahkan ada yang menyebutkan mesin Charles Babbage dari tahun 1800. Tapi darimanapun asalnya, dengan munculnya era digital, komputer makin berkembang secara dahsyat.
Salah satu superkomputer yang pertama adalah dari jajaran mesin-mesin Konrad Zuse. Dibuat tahun 1930-an dan 40-an, merupakan komputer-komputer pertama yang bisa diprogram sekaligus multi-function. Tidak ketinggalan Amerika, mereka punya jajaran mesin sendiri yang powerful. Yang pertama adalah Model K, lalu ABC, diikuti oleh Automatic Sequence Controlled Calculator, dan kemudian muncul sang legenda, ENIAC.Dalam catatan lain, awal 1945, mesin-mesin ini memunculkan terminologi “bug” untuk suatu masalah di mesin.Pada tahun 1960, eranya transistor memunculkan mesin-mesincyang lebih besar dan pintar. Yang didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer.

RANCANGAN SUPERKOMPUTER
Superkomputer biasanya unggul dalam kecepataan dari komputer biasa dengan menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya menspesialisasikan untuk penghitungn tertentu, biasanya penghitungan angka, dan dalam tugas umumnya tidak bagus hasilnya. Hirarki memorinya didesain secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat; dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di hirarki memori dan komponennya. Sistem I/Onya juga didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang tinggi.
Seperti dengan sistem paralel pada umumnya, hukum Amdahl berlaku, dan superkomputer didesain untuk menghilangkan serialisasi software, dan menggunakan hardware untuk mempercepat leher botol.

KEKUATAN SUPERKOMPUTER
Simulasi superkomputer di mulai sebagai 148 terabyte data, dimana satu terabyte hampir sama dengan 200.000 foto digital atau musik mp3.komputer biasa turning seperti potongan besar data ke dalam sebuah film interaktif dari alam semesta. University Japanese kraken, 4 juta CPU telah di habiskan superkomputer dalam jam berdetak angka, sebelum bisa menyampaikan data ke komputer di ANL Eureka. Kemudian merawat render virtual yang mengubah simulasi 3-D modal.
Kelompok hareld mengembangkan perangkat  lunak untuk aliran simulasi melalui sambunganserat optik di 10 gigabyte /detik, atau sekitar 10.000 kali lebih cepat dari pada rata-rata percepatan modem kabel untuk US  broead band user.
Wagner menghabiskan banyak waktu di Ponland mengelolah keramik dinding layar yang dia buat supaya memudahkan rekan-rekannya untuk melihat simulasi dalam sekala besar dan mengindentifikasi pola-pola halus. Dindning layar fisual juga menyediakan cukup ruang untuk menampilkan berbagai kegiatan pada waktu yang sama, mulai dari video confrence untuk film dan presentasi.

MANFAAT UMUM SUPERKOMPUTER
Untuk kehidupan nyata, superkomputer digunakan untuk memenuhi tugas perhitungan intensif seperti perkiraan cuaca, simulasi fisik (seperti halnya simulasi pesawat terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan) dalam hal lainny seperti analiskip dan riset fusi nuklir. Militer dan Agensi sains adalah salah satu pengguna utama superkomputer.
Secara terpisah, badan luar angkasa NASA dan departemen pertahanan (Dephan) amerika serikat tengah berlomba menciptakan superkomputer baru. Dan superkomputer ini nantinya akan dipakai untuk simulasi perang, dan juga sebagai pengamat dan analisis cuaca.





http://blog.ub.ac.id/rioriliapcontrol/superkomputer/
By Rio Alif Aditya Putra

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar