Kongres Bahasa Indonesia IX pada tanggal 28 Oktober - 1 November 2008 di Jakarta


Kongres Bahasa Indonesia IX pada tanggal 28 Oktober - 1 November 2008 di Jakarta
“Bahasa Indonesia Membentuk Insan Cerdas Kompetitif di atas Fondasi Peradaban Bangsa”
Dalam rangka peringatan 100 tahun kebangkitan nasional, 80 tahun Sumpah Pemuda, dan 60 tahun berdirinya Pusat Bahasa, pada tahun 2008 dicanangkan sebagai Tahun Bahasa 2008. Oleh karena itu, sepanjang tahun 2008 telah diadakan kegiatan kebahasaan dan kesastraan. Sebagai puncak dari seluruh kegiatan kebahasaan dan kesastraan serta peringatan 80 tahun Sumpah Pemuda, diadakan Kongres IX Bahasa Indonesia pada tanggal 28 Oktober-1 November 2008 di Jakarta. Kongres yang diikuti 1.276 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia dan beberapa negara seperti Australia, Belanda, Jepang, Malaysia, dan Singapura.
Kongres IX Bahasa Indonesia disemarakkan dengan peluncuran:
1)    peta bahasa-bahasa daerah di Indonesia
2)   Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV
3)   Tesaurus Bahasa Indonesia
4)   Ensiklopedia Sastra di Indonesia
5)   Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi IV
6)   Tata Bahasa Indonesia untuk Guru
Kongres bahasa ini berskala internasional dengan menghadirkan para pembicara dari dalam dan luar negeri.
a.    Tema
Berdasarkan permasalahan tersebut di atas, Kongres IX Bahasa Indonesia ini mengambil tema “Bahasa Indonesia Membentuk Insan Indonesia Cerdas Kompetitif di atas Fondasi Peradaban Bangsa”
b.    Pokok Bahasan
Tema tersebut dijabarkan ke dalam lima pokok bahasan sebagai berikut:
1)    bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan penggunaan bahasa asing
2)   sastra Indonesia dan sastra daerah
3)   pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, daerah, dan asing.
4)   pengajaran bahasa Indonesia bagi orang asing.
5)   penggunaan bahasa Indonesia di media massa.
c.    Tujuan
Sesuai dengan tema dan topik tersebut, secara umum Kongres IX Bahasa Indonesia ini bertujuan meningkatkan peran bahasa dan sastra Indonesia dalam mewujudkan insan Indonesia cerdas kompetitif menuju Indonesia yang bermartabat, berkepribadian, dan berperadaban unggul.
d.    Waktu dan Tempat
Kongres IX Bahasa Indonesia ini akan diselenggarakan di Hotel Bumi Karsa, Kompleks Bidakara, Jalan M.T. Haryono, Jakarta Selatan pada tanggal 28 Oktober-1 November 2008.
e.    Peserta Kongres
Peserta kongres terdiri atas para pakar bahasa, baik dari dalam maupun luar negeri, pakar bidang ilmu, tokoh, budayawan, sastrawan, pejabat publik, birokrat, dosen, guru, mahasiswa, perwakilan organisasi, dan peminat bahasa dan sastra dari dalam dan luar negeri.
Para pakar bahasa dan sastra yang selama ini telah melakukan penelitian dan mengembangkan bahasa Indonesia di luar negeri sudah sepantasnya diberi kesempatan untuk memaparkan pandangannya dalam kongres tahun ini.
Sejarah panjang tersebut menunjukkan betapa berharganya bahasa Indonesia yang sekarang  kita gunakan. Sejarah tersebut masih akan terus terukir sepanjang kita sebagai Bangsa Indonesia mau menghargai dan menjaga kelestariannya. Cara termudah untuk menghargai dan menjaganya adalah dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari kita dengan baik dan benar. Tidak hanya sekedar menggunakan, namun juga adanya rasa kebanggaan setiap kita menggunakan. Sejarah Bahasa Indonesia yang telah dengan susah payah ditorehkan hingga saat ini tentunya hanya akan menjadi sebuah cerita indah bagi anak cucu kita, tanpa bisa mereka rasakan dan gunakan lagi, apabila kita tidak menjaganya mulai sekarang. Bangga Berbahasa Indonesia, Ciri Bangsa Indonesia Sejati!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar